Hipnoterapi pada Anak : Apa dan Bagaimana ?

4 Alur Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Menghipnoterapi Anak



Anak bermasalah? Ingin membantunya tapi tidak tahu caranya? Gunakan hipnoterapi. Cepat atau lampat perubahan pasti terjadi. Namun mengapa ada hasil hipnoterapi yang berhasil tetapi juga ada yang tidak berhasil? Tentu saja ada banyak faktor yang ikut andil dan berperan.

Melakukan hipnoterapi kepada anak tidak sama seperti menghipnoterapi orang dewasa. Mengapa? Sudah tentu ada beberapa tahapan yang memang tidak sama. Salah satu contohnya saja, orang dewasa mampu berkonsentrasi dan dihipnoterapi sekitar 1 – 2 jam. Apa anak bisa selama itu? Tentu saja tidak.

Jadi bagaimana cara yang tepat untuk melakukan hipnoterapi pada anak? Setidaknya ada 4 (empat) alur utama yang harus kita lalui satu per satu. Mari kita tengok bersama :

  • Menggali akar masalah anak

Menggali akar masalah anak dapat dilakukan dengan wawancara atau diskusi dengan orang tuanya. Selain itu juga dapat dilakukan dengan berdiskusi bersama anak. Tujuannya sudah pasti untuk menemukan latar belakang dan akar masalahnya.

Sempatkan juga untuk menggali modal yang dapat digunakan anak untuk masuk ke dalam kondisi hipnosis. Seperti menanyakan tokoh idolanya, film favoritnya, makanan kesukaannya, cita-cita, kesenangannya, dsb.

  • Membawa anak masuk kedalam kondisi hipnosis

Melakukan induksi (membawa anak masuk ke dalam kondisi hipnosis) dengan teknik yang disukai anak. Misalnya memanfaatkan tokoh idolanya, film favorit dan kesenanganya.

  • Memberikan sugesti hipnoterapi

Pada tahap ini kita dapat memberikan skrip sugesti hipnotherapi. Supaya berlaku secara efektif maka sugesti tersebut harus memenuhi sarat sugesti terapi. Apa saja itu? Seperti menggunakan kalimat positif, mengandung unsur kekinian (sekarang, kini, dsb), melakukan pengulangan, dilakukan secara bertahap dan dilakukan secara rutin.

  • Membawa anak keluar dari kondisi hipnosis (normal kembali)

Pada tahap ini kita pandu anak agar dapat keluar dari kondisi hipnosis. Mudahnya hal ini ditandai dengan kembali membukanya mata sang anak. Ada banyak caranya, misalnya dengan menggunakan hitungan. Seperti menghitung dari 1 – 5 dan pada hitungan kelima meminta anak untuk membuka mata dalam kondisi yang sangat segar, bugar, sehat dan baik (post hipnotic suggestion).

Demikianlah 4 alur penting yang harus kita ketahui sebelum melakukan hipnoterapi pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencobanya. Semoga masalah anak yang kita jumpai menjadi lebih mudah disembuhkan dengan hipnoterapi.

Pelatihan Konseling & Hipnoterapi Indonesia I Klinik Hipnoterapi & Konseling © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.