Deepening : Teknik untuk Memperdalam Kondisi Hipnosis

Deepening Standar Untuk Memperdalam Kondisi Hipnosis Klien
Setelah berhasil menginduksi dan membuat seorang klien trance (terhipnosis), hipnoterapis membimbing klien untuk memasuki kondisi hipnosis yang dalam dan ini disebut dengan Deepening. Ternyata klien perlu dibawa lebih dalam masuk ke dalam kondisi hipnosis. Mengapa? Tujuannya ternyata untuk membawa klien ke dalam kondisi hipnosis yang diinginkan.

Ternyata tidak semua klien langsung masuk ke dalam kondisi hipnosis yang dalam (deep trance) ketika diinduksi. Tidak jarang mereka hanya masuk ke dalam kondisi hipnosis yang ringan (light hipnosis). Permasalahannya, hanya ada beberapa teknik yang bekerja ketika seorang klien berada dalam kondisi deep trance, baik untuk keperluan stage hypnotist atau hipnoterapi.

Jadi apa yang biasa dilakukan oleh para hypnotist dan hipnoterapi? Mereka melakukan deepening (pendalaman) kepada klien.  Ada banyak teknik deepening yang tersedia. Meskipun demikian kita hanya perlu menggunakan satu atau beberapa teknik saja ketika melakukan deepening kepada klien.
Ada satu teknik deepening standar yang wajib diketahui dan dikuasai oleh praktisis hipnosis dan hipnoterapis. Mengapa? Teknik ini ibarat pondasi dari sebuah bangunan yang akan dibangun. Hal ini berarti jika teknik ini sangat penting untuk dikuasai. Namanya adalah deepening hitungan menurun.

Mudahnya, deepening dengan hitungan menurun ini memberikan sugesti hitungan menurun dan mengajak klien untuk memasuki kondisi rilek 2 (dua) kalinya. Berikut ini adalah salah satu skrip sugesti deepening hitungan menurun yang dapat dijadikan referensi :

Sebentar lagi saya akan menghitung turun dari 10 sampai 1. Mulai sekarang lihat, dengar dan rasakan bahwa dalam setiap hitungan turun Anda menjadi dua kali lebih santai, nyaman, damai dan rilek. Setiap hitungan turun Anda langsung merasa tidur lebih dalah dan lelap. 10… 9… rasakan semakin santai, nyaman, tenang dan damai. 8… 7… rasakan dua kali lebih rilek dari sebelumnya… 6… 5… dua kali lebih lelap dan nyaman… 4… 3… rasakan dua kali lebih rilek dari sebelumnya… 2… 1… sangat lelap dan tidurlah yang sangat dalam sekarang…

Ini adalah deepening standar yang biasa digunakan praktisi hipnosis dan hipnoterapis untuk memperdalam kondisi hipnosis kliennya. Bahkan setelah selesai melakukannya, kita dapat menggunakannya lagi untuk kembali memperdalam kondisi trance klien. Sangat mudah dan sederhana kan?

Pelatihan Konseling & Hipnoterapi Indonesia I Klinik Hipnoterapi & Konseling © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.