Sifat dan Fungsi Pikiran Bawah Sadar
     
Pada dasarnya manusia memiliki dua pikiran yakni pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Hampir semua kehidupan kita dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Bahkan ada pendapat ahli yang menjelaskan konsensus antara pikiran sadar dan bawah sadar dalam kehidupan yakni 12 % untuk pikiran sadar dan 88 % pikiran bawah sadar. Melihat hal ini, terlihat bahwa pikiran bawah sadar memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Setidaknya ada empat fungsi yang spesifik dari pikiran sadar :
1.    Mengidentifikasi informasi yang masuk. Informasi yang diterima melalui panca indera baik penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan ataupun perasaan
2.      Membandingkan informasi yang masuk dengan database (baik referensi, pengalaman dan segala informasi) yang berada di pikiran bawah sadar
3.      Melakukan analisis terhadap data tersebut 
4.      Memutuskan data atau informasi tersebut agar masuk atau tidaknya di pikiran bawah sadar.

Diantara pikiran sadar dan bawah sadar terdapat cirtical factor yang berfungsi sebagai filter mental. Dengan demikian informasi atau data yang masuk harus terlebih dahulu melewati filter mental ini. Jika data itu sesuai, maka akan langsung masuk dan terjadinya perubahan di dalam pikiran bawah sadar. Sementara fungsi yang lebih besar ada pada pikiran bawah sadar. Ada beberapa fungsi dari bagian ini diantaranya adalah :
1. Tempat penyimpanan keyakinan (beliefe) dan nilai (value)
Maksudnya di dalam modern memory area ini, tersimpan hal-hal yang berkaitan dengan keyakinan dan nilai pribadi dari individu. Beliefe dan value ini merupakan pedoman kehidupan yang dipegang individu dalam menjalani hidupnya. Namun seringkali, banyak orang yang salah dalam memegang beliefe dan value ini, hal ini bisa dibantu untuk merekonstruksi beliefe dan value ini dengan menggunakan hipnosis.

2.      Tempat terdapatnya kebiasaan (habits)
Kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang tersimpan di modern memory area ini. Untuk itu, seringkali orang ingin mengubah kebiasaannya akan tetapi sulit dirubah karena memang harus menjangkau dulu modern memory area ini. Tentunya bisa dilakukan dengan menggunakan hipnosis.
3. Emosi
Modern memory area juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan emosi. Seperti perasaan bersalah, marah, sedih, gembira, dll. Semua emosi itu terdapat di modern memory area ini, sehingga ketika kita mengalami suatu peritiwa yang begitu menyenangkan kita tersenyum dan gembira. Itu semua merupakan manifestasi dari area ini.

4. Intuisi
            Fungsi lain dari modern memory area ini juga adalah fungsi intuisi yakni berkaitan erat dengan spiritual dan metafisik

5. Kreativitas
Area ini juga tempat berkembangnya kreativitas dari individu. Hasil dari buah karya kreativitas merupakan fungsi dari modern memory area ini yang bekerja dengan optimal.

6. Memori Jangka Panjang
Fungsi pikiran bawah sadar juga adalah tempat menyimpannya seluruh memori-memori dimulai dari saat terjadinya pembuahan, awal mulai kehamilan, hingga masa sekarang. Semua perisitiwa dan kejadian yang kita alami tidak pernah hilang dalam memori kita karena semuanya tersimpan dengan baik di area ini.

7. Persepsi 
            Persepsi adalah bagaimana kita melihat dunia menurut kacamata kita

8. Kepribadian 
         Kepribadian adalah karakteristik individual kita dalam berhubungan dengan orang lain dan dengan lingkungan yang kita jumpai sehari-hari.

Pikiran bawah sadar juga memiliki beberapa sipat yang bisa digambarkan sebagai berikut :

1.      Kemampuan pikiran bawah sadar terpisah dari pikiran sadar
           Pikiran bawah sadar bekerja secara terpisah dengan pikiran bawah sadar akan tetapi saling mempengaruhi. Misalkan untuk memutuskan sesuatu, pikiran sadar terlebih dahulu berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar hingga menemukan pilihan yang tepat bagi dirinya. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara bertanya ke dalam hati yang terdalam seolah-olah kita sedang berkomunikasi dengan diri kita dan itulah pikiran bawah sadar 

2.      Pikiran bawah sadar adalah gudang penyimpanan informasi
           Pikiran bawah sadar menampung semua pengalaman hidup kita baik dari kecil sampai kita menjadi besar. Selain itu, pengetahuan yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar adalah pasti dalam membantu terjadinya perubahan. Oleh karena itu, jika kita membutuhkan informasi, maka secara otomatis pikiran bawah sadar menginformasikan secara cepat melalui munculnya gambaran ataupun suara. 

3.      Pikiran bawah sadar adalah potensi yang belum digunakan
           Setiap manusia memiliki potensi untuk dikembangkan. Dan ketika pertama kali manusia ke dunia, manusia dibekali pikiran bawah sadar. Dengan kemampuan pikiran bawah sadar inilah manusia bisa belajar untuk memperbaiki kualitas hidupnya untuk menjadi lebih baik. 

4.      Pikiran bawah sadar sangat cerdas
           Pikiran bawah sadar jauh lebih cerdas dan bijaksana daripada pikiran sadar. Pikiran bawah sadar bisa menjangkau informasi lebih luas dari pikiran sadar dengan cara yang sangat murni dan terhindar dari bias dan prasangka negative. Walaupun cerdas, pikiran sadar bisa keliru dan menarik kesimpulan yang salah sehingga menjadi program pikiran negatif yang menghambat dirinya. 

5.      Pikiran bawah sadar bersipat sangat sadar
           Hal yang harus diketahui oleh setiap orang adalah bahwa pikiran bawah sadar sangat sadar dan memiliki fungsi yang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran bawah sadar seringkali disebut pikiran tidak sadar karena keberadaannya yang susah untuk dijelaskan. Hal ini membuat pikiran bawah sadar dianggap sebagai tidak sadar padahal memiliki peranan yang sangat sadar dalam kehidupan seseorang baik dari cara berpikir, bertindak ataupun menyikapi setiap permasalahan 

6.      Mengamati dan memberikan respon dengan jujur
            Hal lain yang menjadi ciri khas pikiran bawah sadar adalah kemampuannya untuk memberikan respon dengan jujur. Pikiran bawah sadar terbebas dari pengaruh-pengaruh prasangka negative. Oleh karena itu, jika ingin mengambil keputusan mengenai suatu hal, sangat baik jika berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar. 

7.      Menyerupai pikiran seorang anak kecil berusia 8 tahun
             Sama halnya seperti anak usia 8 tahun, pikiran bawah sadar memberikan respon dengan cepat dan jujur. Pikiran bawah sadar mengatakan sejujurnya mengenai kejadian atau situasi yang dialaminya. Sama halnya dengan pikiran anak 8 tahun, pikiran bawah sadar tidak melakukan analisis akan tetapi menerima secara langsung informasi tersebut. 

8.      Sumber emosi
            Emosi terletak di dalam pikiran bawah sadar bersama dengan program pikiran yang tersimpan di dalamnya. Emosi bersipat tidak logis, tidak rasional dan tidak sadar. Emosi bersipat alamiah dan merupakan satu bentuk komunikasi pikiran bawah sadar yang sangat bermanfaat. Dengan emosi, kita jadi tahu bagaimana perasaan kita terhadap sesuatu meskipun kita tidak sadar apa yang kita rasakan  

9.      Pikiran bawah sadar bersipat universal
           Proses dan sifat pikiran bawah sadar satu orang dan yang lain pada umumnya sama, tidak terpengaruh oleh ras, bangsa dan latar belakang budaya. Pikiran bawah sadar seseorang dapat berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar orang lain melebih kemampuan pikiran sadar. Isi pikiran bawah sadar setiap orang tentunya berbeda bergantung pada pengalaman, lingkungan dan hasil pembelajaran individu dalam hidup. Namun bentuk, struktur, atau pola respon yang bersipat mendasar pada setiap pikiran bawah sadar manusia sangat mirip satu dengan yang lain. 

10.  Pikiran bawah sadar bersipat malas (berubah)
            Data yang berada di dalam pikiran bawah sadar tidak dapat dengan mudah diubah, diganti atau dihapus. Bila data pikiran bawah sadar mudah dimodifikasi maka hidup kita akan kacau karena tidak punya pegangan data yang konsisten sebagai acuan berpikir, bertindak dan membuat keputusan. 

11.  Pikiran bawah sadar melindungi diri kita menurut cara, strategi, mekanisme atau logikanya sendiri
            Salah satu fungsi dari pikiran bawah sadar adalah melindungi diri kita baik tubuh fisik maupun pikiran sadar, dari hal-hal yang dipandang, rasa atau yakini sebagai hal yang merugikan atau membahayakan. Fungsi ini akan menjadi masalah jika apa yang diinginkan oleh pikiran bawah sadar tidak sejalan dengan pikiran sadar. Contohnya pada kasus Ibu yang sakit-sakitan untuk mendapatkan perhatian dari anak-anaknya 

12.  Pikiran bawah sadar sangat menyadari pentingnya resolusi trauma namun ia bukanlah problem solver
            Pikiran bawah sadar berfungsi untuk melindungi diri kita dari ancaman yang membahayakan diri kita. Bentuk intervensi yang dilakukan oleh pikiran bawah sadar adalah dengan menggunakan segala cara yang ia ketahui bisa membantu seseorang keluar dari atau mengatasi masalah trauma yang menjadi sumber gangguan. Caranya adalah dengan member tahu pikiran sadar mengenai keberadaan masalah. Ada lima jalur yang biasanya dilakukan pikiran bawah sadar untuk berkomunikasi dengan pikiran sadar yakni perasaan, intuisi, mimpi, self talk atau inner dialogue dan fisik. Sebagai detector awal, pikiran bawah sadar akan menyampaikannya melalui perasaan tidak nyaman. Bila pesan ini diabaikan, maka pikiran bawah sadar akan mengkomunikasikannya melalui intuisi, self-talk atau mimpi. Bila tetap diabaikan, maka dikomunikasikan lewat fisik.  Setelah pesan diterima, kita perlu segera mencarikan solusinya dengan meminta bantuan professional. Jadi pikiran bawah sadar sangat menyadari pentingnya resolusi trauma namun ia bukan problem solver. Ia butuh bantuan orang lain untuk melakukan resolusi trauma.

Pelatihan Konseling & Hipnoterapi Indonesia I Klinik Hipnoterapi & Konseling © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.